Tuesday, June 6, 2017

TUGAS SOFKILL FLOWCHART PENDETEKSI ASAP ROKOK UNTUK LINGKUNGAN BEBAS ASAP ROKOK BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA32U4

PENDETEKSI ASAP ROKOK UNTUK LINGKUNGAN BEBAS ASAP ROKOK

BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA32U4


        Pada pembuatan sebuah sistem kontrol diperlukan sebuah gambar yang dapat menjelaskan alur atau langkah-langkah dari cara kerja sebuah sistem yang dibuat, sehingga dapat memberikan penjelasan dalam bentuk gambar. Penjelasan yang berupa gambar proses kerja sebuah sistem merupakan gambar dari diagram alur sistem yang akan dibuat. Tujuan dari pembuatan diagram alur adalah untuk mempermudah pembaca dan pembuat sistem itu sendiri untuk memahami langkah-langkah serta cara kerja sebuah sistem yang dibuat. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan flowchart sistem sebagai berikut:
          Sensor asap adalah sensor yang befungsi untuk mengukur senyawa gas polutan yang ada di udara,seperti karbon monoksida, hidrokarbon, nitrooksida, dan lain-lain. Pada uji coba yang dilakukan adalah untuk mengontrol lampu Led, yang dimana lampu Led tersebut digunakan sebagai media indikator ketika sensor asap bekerja atau mendapat tegangan ’HIGH’.
         
          Dari proses kerja sensor asap tersebut dapat digunakan untuk mendeteksi asap rokok, yang dimana pada penerapannya memiliki tingkat pembacaan yang sangat bervariasi bergantung pada level pencemaran asap, sehingga bisa diprogram sesuai dengan kondisi lingkungan sekitarnya.

          Prinsip kerja dari rangkaian ini adalah ketika sensor asap mendeteksi keberadaan asap maka lampu indikator tersebut akan nyala artinya sensor asap tersebut membaca data yang berupa data analog yang akan diproses oleh mikrokontroller sehingga lampu Led tersebut akan menyala, dan sebaliknya ketika sensor asap tidak mendeteksi asap maka lampu Led akan mati.

Setelah melihat hasil yang didapatkan dalam pengujian tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa rangkaian sensor asap bekerja sesuai dengan yang diinginkan.

No comments:

Post a Comment